Ragam

Tips-tips Persiapan Sebelum Dan Sesudah Renang

Jumat, 21/01/2011 23:41 | 1 Komentar | 11213 view | C T A

 

Tips-tips Persiapan Sebelum  Dan Sesudah Renang

Ragam of The Month:

Ragam pilihan:
Akhir Kisah Sihir Harry Potter
Hati-hati Gejala Awal Stroke!!

Artikel terkait:
Ini Nih Tips-tips Biar Kulkas Gak Bau
Mudik Yuk!!! Tips Persiapan Jelang Mudik Lebaran
Ini Dia Tips-tips Hilangkan Bau Amis (Makanan)

Ragam - Berenang merupakan olah raga yang menyehatkan dan bagus buat jantung. Selain itu berenang  katanya sih juga bisa bikin IQ bayi tambah tinggi lho. Selain olah raga, berenang juga sekaligus merupakan rekreasi.

Nah, buat yang mau dan suka berenang , berikut ini nih persiapan-persiapan yang bisa dilakukan  sebelum dan sesudah berenang agar aktifitas renang jadi  nyaman dan aman serta gak mengecewakan.

Ini dia tips-tips persiapan sebelum renang :

- Sun block.
Jangan lupa pakai krim ini jika anda gak pingin hitam. Selain itu memakai sun block bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet.
Sun block memiliki kandungan bermacam-macam, pilih sun bock yang mengandung spf 30  (untuk yang berenang siang hari)  karena memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 5 jam.
Gunakan sunscreen berbahan Zinx Oxide atau Titanium Oxide.
Hindari sun block yang mengandung Oxybenzone (untuk yang berenang di siang hari) karena  oxybenzone merupakan racun yang dimiliki penahan sinar matahari (sunscreen) yang notabene merupakan penyebab kanker kulit.

- Lakukan Warming Up Dulu
Lakukan pemanasan terlebih dulu sebelum menceburkan diri ke air.
Pemanasan bisa dengan jalan-jalan atau lari kecil di pinggir kolam. Bisa juga melakukan peregangan lainnya. Lakukan selama 5 – 10 menit dan menyesuaikan detak jantung
Tujuan pemanasan sih untuk  melemaskan  dan  mempersiapkan otot-otot agar tidak tegang dan menghindari kram.

- Baju renang dan Kacamata renang
Gunakan baju renang yang pas ditubuh dan juga kacamata renang untuk menghindari iritasi kulit.
Pastinya baju renang harus disesuaikan dengan badan. Gak lucu donk kalau baju renangnya terlalu kecil apalagi kebesaran.  Bukannya sibuk renang dan dapat kesenangan,tapi  malah sibuk ngurusin baju renangnya sendiri.

- Gunakan penutup kepala
Jika kamu berambut panjang, gunakan penutup kepala biar renang jadi asyik dan gak terlalu ribet ngurusin rambur. Selain itu, penutup kepala melindungi rambut dari air kolam – yang bisa jadi merusak rambut, apalagi jika mengandung kaporit.

-Makan dulu sebelum renang
Ada baiknya sebelum renang, perut jangan dibiarkan kosong.  Sebaiknya makan 2 – 3 jam sebelum berenang karena  kegiatan berenang sendiri memakan tenaga  yang sangat banyak. 

- Jika bawa anak  kecil sebaiknya jangan ditinggalkan sendirian, apalagi jika si anak baru bisa belajar berenang.

Berikut ini tips-tips sesudah berenang :

- Lakukan pendinginan.
Bisa dilakukan dengan berjalan di sekitar kolam sampai detak jantung kembali normal.

- Mandi
Jangan lupa setelah usai renang,  bilas seluruh tubuh atau mandi dengan sabun (antiseptik). Selain jadi  segar dan wangi, dengan mandi kita bisa terhindar dari iritasi atau penyakit kulit yang disebabkan oleh kaporit atau juga  benda-benda ’asing’ lainnya yang ada di air kolam.


+ Tampilkan Komentar