Pengetahuan

Yang Belum Anda Ketahui Tentang Reptil

Selasa, 20/09/2011 05:20 | 0 Komentar | 1514 view | Aditya H

 


Info of The Month:

Info pilihan:
Ulat Bulu Si Cantik yang Menakutkan
Perayaan Valentine Di Berbagai Negara

Artikel terkait:

Pengetahuan -

Reptil atau biasa disebut hewan melata dimasukkan dalam kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia sendiri termasuk tetrapoda alias hewan dengan empat tungkai yang menelurkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran amniotik.

Reptil dapat hidup di semua benua kecual Antartika, dan untuk saat ini yang termasuk dalam kelompok Reptilia adalah keluarga Buaya (Crocodilia) , Sphenodontia (tuatara Selandia Baru), keluarga kadal dan Ular alias Squamata, dan keluarga kura-kura atau Testudinata

Sebagian reptil berkembang biak dengan cara bertelur atau biasa disebut dengan istilah ovipar namun beberapa spesies Squamata juga melahirkan atau disebut vivipar. Reptil vivipar memberi makan janin mereka menggunakan sejenis plasenta yang mirip dengan mamalia.


Reptil Terkecil Di Dunia
Reptil dewasa terkecil yang pernah ditemukan di alam semesta berukuran 16 milimeter diukur dari ujung hidung hingga ujung ekor. Namanya Jaragua Sphaero. Reptil ini ditemukan di Republik Dominica tahun 2001. Selain di negara tersebut, reptil kecil ini hanya bisa diperoleh di satu tempat lain yaitu pulau Beata, sebuah pulau kecil di Haiti.

Pada kompetisi mencari reptil terkecil di dunia ditemukan makhluk lain bernama Sphaerodactylus ariasae di British Virgin Islands tahun 1965. Ukuran reptil ini rata-rata juga hanya memiliki panjang 16 millimeter. Panjang maksimum binatang ini ketika dewasa adalah 36 millimeter. Dan binatang ini telah dimasukkan dalam kategori hampir punah karena jumlahnya yang sangat terbatas.

Reptil Terbesar
Reptil dengan bobot dan ukuran terbesar di dunia adalah buaya air asin yang dikenal dengan nama ilmiah
Crocodylus porosus. Binatang ini berasal dari Australia, memiliki panjang hingga 7 meter dengan besat mencapai 1 ton.

Tercepat di Dunia
Iguana ekor berduri yang berasal dari Kosta Rika dikenal sebagai reptil tercepat didunia. Kecepatan berlarinya mencapai 21 Mil per jam atau setara dengan 33,796224 km per jam. Kenceng juga ya?

Si Lambat
Reptil paling lambat di dunia adalah kura-kura yang kecepatannya hanya 1 mph atau 1,61 km per jam. Lambat banget.

Terpanjang di dunia
Ular python atau bahasa latinnya adalah Reticulated Python punya panjang hingga 30 kaki atau setara dengan 9,144m.

Siapa Punya Umur Panjang ?
Kura-kura dikenal sebagai reptil yang punya umur paling panjang bahkan diantara binatang-binatang dari spesies lain di dunia. Namun sebenarnya, ada satu binatang lain yang punya umur lebih tua dari kura-kura dan termasuk dalam reptil. Namanya adalah Hylonomus yang masuk spesies Tuatara Selandia Baru. Umur seekor Hylonomus bisa mencapai 200 tahun.

Binatang ini termasuk juga hewan pra sejarah karena hidup pada masa sebelum dinosaurus ada. Sayangnya binatang ini sudah punah, namun hewan inilah sebenarnya cikal bakal keberadaan reptil-reptil lain, karena binatang inilah yang menurunkan keluarga buaya, kadal, komodo, bahkan dinosaurus.


+ Tampilkan Komentar

Komentar Anda

Terima kasih ! Komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu.